Rabu, 14 Juni 2023

Perbedaan Qurban & Aqiqah

Qurban dan aqiqah adalah dua istilah yang berkaitan dengan praktik pengorbanan hewan dalam agama Islam. Meskipun keduanya melibatkan pengorbanan hewan, terdapat perbedaan dalam tujuan, pelaksanaan, dan waktu pelaksanaannya. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara qurban dan aqiqah:


1. Tujuan

* Qurban: Qurban dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Dzulhijjah, terakhir dalam penanggalan Hijriah, sebagai bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengenang kisah Nabi Ibrahim yang siap untuk mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

* Aqiqah: Aqiqah dilakukan untuk merayakan kelahiran seorang anak. Aqiqah dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan.

2. Hewan yang dikorbankan:

* Qurban: Dalam qurban, hewan yang biasanya dikorbankan adalah hewan besar seperti sapi, kambing, atau domba.

* Aqiqah: Dalam aqiqah, hewan yang biasanya dikorbankan adalah kambing atau domba. Sebagian agama mengizinkan pengorbanan satu ekor kambing atau domba untuk perempuan yang baru lahir dan dua ekor kambing atau domba untuk laki-laki yang baru lahir.

3. Pelaksanaan:

* Qurban: Qurban dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan qurban dengan tata cara yang ditentukan, yaitu dengan menyebut nama Allah dan membagi dagingnya menjadi tiga bagian: satu bagian untuk keluarga yang melakukan qurban, satu bagian untuk kerabat atau tetangga, dan satu bagian untuk orang miskin dan kaum yang membutuhkan.

* Aqiqah: Aqiqah juga dilaksanakan dengan menyembelih hewan aqiqah sesuai dengan tata cara yang ditentukan. Namun, dalam aqiqah, dagingnya biasanya dibagikan kepada keluarga, teman, tetangga, dan orang-orang yang hadir dalam acara aqiqah tersebut.

4. Waktu pelaksanaan:

* Qurban: Qurban dilakukan dalam waktu khusus, yaitu pada sepuluh hari terakhir bulan Dzulhijjah, terutama pada tanggal 10, 11, dan 12 bulan tersebut, dalam penanggalan Hijriah.

* Aqiqah: Aqiqah biasanya dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Namun, jika tidak memungkinkan, aqiqah dapat dilakukan pada hari keempat belas atau kedua puluh satu setelah kelahiran anak.


Itulah beberapa perbedaan antara qurban dan aqiqah dalam praktik agama Islam. Meskipun keduanya melibatkan pengorbanan hewan, tujuan dan waktu pelaksanaannya yang berbeda memberikan makna dan konteks yang berbeda pula dalam masing-masing praktik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KILAS SEJARAH DINASTI UMAYAH

Dinasti Bani Umayah adalah sebuah dinasti yang berkuasa dalam dunia Islam dari tahun 661 hingga 750 M. Dinasti ini didirikan setelah kematia...